Selasa, 11 Maret 2014

Tips dan Cara Mengetahui/Membedakan Madu Asli

Tips dan Cara Mengetahui/Membedakan Madu Asli-Berbicara tentang madu, banyak hal yang bisa dimanfaatkan pada madu sendiri baik itu digunakan sebagai campuran makanan ataupun minuman. Antara lain manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi madi antara lain memperlancar metabolism tubuh, meningkatkan system kekebalan tubuh, mengatasi sembelit, maag, batuk, anemia, insomnia, gangguan jantung dan masih banyak lainnya. Bahkan khasiat dalam hal kecantikan pun madu juga turut andil, yaitu mampu mengencangkan kulit, memperlambat penuaan dini, menghambat pertumbuhan uban bahkan ada yang mengatakan dapat menghindari gigi ompong.
Namun untuk mendapatkan khasiat yang maksimal dari madu tersebu
t tentu kita harus tahu cara mengetahui keaslian madu tersebut agar manfaat yang kita peroleh bisa maksimal. Bahkan saat ini banyak pengedaran madu yang tidak asli dimana-mana sehingga nantinya para pembeli pun akan merasakan kerugian baik dari khasiat yang diberikan atau hal lainnya. Oleh karna itu setidaknya anda yang sekali memanfaatkan khasiat dari madu ini, ada baiknya anda tahu beberapa tips/cara mengetahui keaslian madu tersebut agar khasiat yang anda peroleh bisa maksimal.
Nah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengetahui/menguji keaslian madu:
1.    Biarkan madu dalam keadaan terbuka lalu perhatikan, apabila banyak semut berkerumun pada madu, maka madu yang kita pilih tidak asli. Hal ini dikarnakan semut tidak menyukai rasa manis glukosa dan truktosa yang dikandung oleh madu sendiri.
2.    Cara yang kedua untuk mengetahui keaslian madu adalah dengan meneteskan madu pada koran, dan perhatikan jika tetesan pada Koran tersebut cepat mengembang maka madu tersebut tidak asli disebabkan madu tersebut telah mengandung banyak campuran air.
3.    Selanjutnya ialah dengan mengocok madu beberapa saat. Lalu perhatikan, madu yang baik/asli tidak akan menghasilkan banyak busa setelah dikocok.
4.    Cara mengetahui keaslian madu selanjutnya ialah dengan memasukkan batang korek api pada madu kemudian nyalakan. Apabila korek api tersebut menyala maka madu tersebut asli.
5.    Ambil satu gelas air, kemudian tuangkan madu sedikit pada gelas yang berisi air tersebut. Jika air dalam jangka waktu 5 jam tidak keruh dengan tanpa diaduk, maka madu tersebut asli. Namun jika air dalam gelas dalam jangka waktu 2 jam sudah dengan tanpa diaduk, maka kualitas madu tersebut tidak baik.
6.    Selanjutnya anda juga bisa menguji kualitas madu pada laboratorium baik dari kandungan madunya sendiri.
Jadi, pintar-pintarlah dalam membeli madu, agar anda mendapatkan khasiat maksimal dari madu sendiri. Karna di pasaran sekalipun madu yang dijual masih belum bisa dijamin keasliannya. Dikhawatirkan bukannya khasiat atau kesehatan yang anda dapatkan, malah takutnya penyakit yang anda rasakan atau mungkin setidaknya tidak adanya khasiat dari madu tersebut. SELAMAT MENIKMATI KHASIAT MADU!!!
Baca juga:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar